Leading innovation in IT Education

Jumat, 20 Juli 2012

STIKOM ARTHA BUANA OPEN SOURCE PATNER


Open Source (Perangkat lunak sumber terbuka) adalah jenis perangkat lunak yang dihasilkan dari suatu komunitas pengembang piranti / perangkat lunak dan dibangun secara sukarela. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu. (sumber Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.) 



 Beberapa contoh aplikasi-aplikasi yang berbasis Open Source :  
  • Sistem Operasi : Linux, FreeBSD, OpenBSD, Mint, 
  • open cms: Joomla, Mambo
  • database: mysql, postgreSQL  
  • pengolahan kata: LibreOffice 
  • Grafis : GIMP 
Komunitas Open source berkeinginan untuk turut serta mencerdaskan Kehidupan Bangsa Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.
STIKOM ARTHA BUANA kupang, menjadi Patner yang mendukung berkembangnya penggunaan open source di Nusa tengga timur, mulai dari penggunaan Open source itu sendiri di lingkungan kampus dan juga calon mahasiswa yang masuk diwajibkan untuk mengikuti pra-kuliah Pelatihan Open Source selama 7 hari dengan sistem operasi dan sistem Aplikasi yang Legal seperti Linux Ubuntu dan penggunaan Libre Office sebagai Alternatif dari menggunakan Microsoft Office Bajakan.
https://www.facebook.com/groups/NTTgtos/untuk bergabung dengan komunitas opensource di NTT silahkan bisa bergabung di group Facebook Komodo go to OpenSource  Open source adalah gerakan yang berlandaskan semangat merdeka, bahwa teknologi (khususnya perangkat lunak) tidak selayaknya disembunyikan dan dikuasai oleh segelintir orang demi alasan rahasia perusahaan. Gerakan ini dipelopori oleh Richard Stallman pada tahun 1990-an. Kini, gerakan Open Source ini merupakan kerja-sama sedunia yang melibatkan jutaan hackers. Mereka semua secara suka-rela membuat bagian-bagian perangkat lunak yang kemudian bisa dipadukan secara sinergis menjadi sistem operasi dan aplikasi yang lengkap. Itu semua berguna bagi manusia, dan juga membuka kesempatan bagi semua orang untuk belajar teknologinya. Kali ini, mari kita hidupkan semangat itu dengan berbagi ilmu, dilandasi rasa syukur telah menjadi lebih pintar, dan mampu berkarya karena open source.

Silahkan bergabung di link Facebook  Komodo go to OpenSource  

Untuk mendownload Materi Pelatihan OpenSource Silahkan klik link di bawah ini :
 Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random